Example floating
Example floating
Berita Video

Hal Unik Warga Ikemal Meriahkah HUT RI Ke 75

55
×

Hal Unik Warga Ikemal Meriahkah HUT RI Ke 75

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Penulis : Djefri Pattiradjawane

Kota Jayapura | Paraparatv.id | Beginilah perayaan Hut RI Ke 75 tahun 2020, ala pemuda Ikatan Keluarga Maluku atau IKEMAL kota Jayapura Dalam memperingati HUT RI Ke 75, para pemuda Ikemal ini melakukan tradisi pukul sapu lidi di badan.

Tradisi pukul sapu lidi dibadan diawali oleh Wali Kota Jayapura, Kadis pendidikan Provinsi Papua dan wakil Ketua DPRD kota jayapura yang memukul sapu lidi yang telah disiapkan oleh panitia ke badan dari para pemuda yang akan melakukan atraksi tersebut.

Ada sekitar 20 orang pemuda asal Kampung Morela, Maluku Tengah melakukan pukul sapu lidi di badan bergantian. Tradisi ini merupakan turun temurun yang terus dilestarikan di Maluku, tradisi pukul sapu lidi dibadan ini biasa ditampilkan dalam memperingati hari-hari besar dan acara-acara khusus di maluku.

Lidi yang digunakan nerupakan lidi pilihan yang di ambil dari pohon sagu,cara memukul dibadan pun diatur, harus sampai ada bekas lidi dibadan, tidak jarang kalau badan dari para pemuda semua memar bahkan ada yang luka. Usai melakukan tradisi tersebut untuk menghilangkan rasa perih di badan,mereka menggunakan getah daun jarak.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *