Ada Temuan Di Beberapa Kampung, DPRD Minta Pengawasan Dana Desa Diperketat

0
117
Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP

Penulis : Irfan

Sentani | paraparatv.id | Berdasarkan laporan terlihat ada beberapa kampung yang temuan penggunaan dana desa atau kampung itu nilainya cukup besar hingga ratusan juta rupiah.

Demikian dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/8/2020). Dirinya menegaskan pengawasan ketat terhadap dana desa atau kampung yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun itu tetap harus dilakukan.

“Jadi, saya ingin tegaskan disini bahwa pengawasan ketat harus dilakukan terhadap dana desa atau kampung ini. Karena jumlahnya setiap tahun terus bertambah,” tegas Klemens Hamo.

Sebelum pengawasan eksternal dilakukan oleh lembaga-lembaga di luar pemerintahan, Politisi Partai NasDem ini berpendapat, dana desa atau kampung ini terlebih dahulu harus diawasi oleh pengawas internal, yakni Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Yang mana, kemudian menjadi koordinator bagi APIP di daerah seperti Inspektorat.

“Kalau pengawasan kita lemah, ini yang harus hati-hati dalam penggunaan dana kampung. Makanya, kami melakukan pengecekan bukan di tingaakt OPD saja. Tetapi, juga di kampung-kampung mulai dari dana desa (ADD), dana kampung (ADK) dan Prospek,” ujarnya.

Menurut Klemens, temuan terhadap penggunaan dana desa atau kampung ini adalah kerugian yang luar biasa dan sangat besar dialami oleh daerah. “Saya kesal, karena ini membuat kerugian yang sangat besar bagi daerah. Gara-gara oknum membuat pembangunan di kampung menjadi mandeg dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” tegas Klemens.

Untuk itu, dirinya meminta pengawasan dini harus dilakukan agar dipastikan bahwa dana tersebut digunakan betul-betul untuk pembangunan yang berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Dana pembangunan kampung inikan cukup besar, maka kita ingin penyalurannya berjalan dengan baik ke kampung-kampung dan di implementasikan dengan tepat sasaran, baik outcome dan outputnya juga harus jelas. Tentunya, ini butuh pengawasan yang ketat agar jelas dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat berupa kemajuan yang dampaknya kesejahteraan,” jelasnya. **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here