Antisipasi Kriminalitas di Tengah Pandemi Corona, Tim Samapta Polres Yapen Gelar Patroli Rutin

0
690
Kasat Samapta Polres Kepulauan Yapen IPTU Edy Tohir Sabara (kiri) bersama anggotanya saat berjalan melakukan patroli

Laporan : Herman Betta

Paraparatv.id| Serui |Guna menjaga situasi yang tetap aman dan kondusif bagi masyarakat, Tim Samapta Polres Kepulauan Yapen yang di pimpin langsung oleh Kasat Samapta IPTU Edy Tohir Sabara melaksanakan Patroli rutin guna pengamanan pada penggunaan masker juga dalam mendukung penerapan Relaksasi New Normal oleh Pemerintah.

Polri yang mempunyai tugas pokok sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, mempunyai peran  penting sebagai penyelenggara terlaksananya harkamtibmas di samping seluruh warga masyarakat juga mempunyai tanggung jawab yang sama.

“Kami memberikan sosialisasi agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga keamanan, untuk penggunaan masker tetap harus di gunakan mengingat yapen sudah tidak lagi zona hijau melainkan zona merah karena telah ada kasus corona 3 pasien,”tandas Kasat Samapta, Senin 22 Juni 2020.

Dirinya jelaskan, hal lain yang di antisipasi adalah adanya kriminalitas di warga yang di lakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan juga memberikan imbauan oleh petugas patroli supaya masyarakat jangan terlalu cemas menghadapi musibah penularan Covid -19 dan diharapkan masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan berkembangnya Covid -19.

Untuk Patroli sendiri, menyisir daerah yang dipandang rawan kriminalitas di wilayahnya, adapun pelaksanaan patroli rutin mengambil sasaran obyek vital seperti SPBU, kantor perbankan, sekolah, serta tempat ibadah dan pemukiman penduduk.

“Kita menyisir tempat yang dipandang rawan kriminalitas dan mengambil sasaran obyek vital seperti SPBU, kantor perbankan, sekolah, serta tempat ibadah dan pemukiman  penduduk”.

“Walaupun ini masih siang hari namun tindak kejahatan tetap akan ada, untuk itu kita lebih awal pengantisipasi agar tidak terjadi”.tambahnya.

Selain melaksanakan Patroli, Tim Swanter julukannya tersebut melakukan pengamanan bagi kelompok yang ingin melakukan aksi demo namun dengan cepat dapat di amankan.

“Kami melakukan pendekatan dengan humanis, itu tugas kita, setelah mengarahkan dan memberikan arahan, mereka dapat mengerti dan akhirnya massa yang lain langsung bubarkan diri namun penanggung jawab kita panggil guna di mintai keterangan,”cetusnya.

Selain itu, Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Kariawan Barus dalam ini Kasat Samapta IPTU Edy Tohir Sabara berharap agar masyarakat dapat terus bekerja sama dengan aparar keamanan guna tetap menjaga situasi Yapen yang aman,tentram dan selalu kondusif.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here