21 Napi Lapas Serui Akan Asimilasi Ke Rumah

0
436
ABRAHAM. B. HARJO KALAPAS KELAS II B SERUI

Laporan : Herman Betta

Paraparatv.id | Serui | Berdasarkan surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor M. HH-19.PK.01.04 Tahun 2020 tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan penanggulangan penyebaran Covid 19 guna menanggulangi dan meminimalisir dampak penyebaran Virus Corona di Lapas / LPKA / Rutan serta mengurangi overcrowding dan menghemat anggaran Negara dengan total keseluruhan tahanan sebanyak 15.422 se-Indonesia, tertanggal 1 April 2020 hingga 7 April 2020 melalui sistem database pemasyarakatan.

Abraham. B. Harjo, Kalapas Kelas II B Serui, saat di temui oleh wartawan di ruang kerjanya, Kamis 2 april 2020 katakan untuk Lapas Serui sudah ( Rabu malam ) telah merumahkan 7 tahanan bebas karena sudah punya SK Pembebasan Bersyarat, sedangkan saat ini sedang menunggu kelengkapan berkas lagi untuk 14 orang tahanan.

“Ini juga program pemerintah,  kita ada 21 tahanan yang rata-rata telah jalankan 2/3 dari masa pidana yang di terima dari masa hukuman, kemarin malam sudah keluar 7 orang dan dari batas waktu yang di tentukan hingga tanggal 7 april maka saat ini kami lagi sementara melengkapi berkas-berkas 14 tahanan yang akan di asimilasi keluar ke rumah dan perlu di ketahui mereka bebas dari terindikasi virus corona,”ucap Abraham.

Untuk jumlah tahanan di Lemabaga Pemasyarakatan Kelas II B Serui sendiri, Kalapas jelaskan per tanggal 2 April 2020 sebanyak 121 tahanan yang mana sehari sebelumnya 128 tahanan namun telah di rumahkan ke rumah.

Abraham tambahkan, kapasitas untuk lapas serui sudah mengalami over kapasitas yang mana hanya 100 tahanan namun yang ada di dalam sebanyak 121 tahanan. “mau di tempatkan dimana lagi, ruangan tahanan kita sudah sangat over dari batas seharusnya”.

Dalam permasalahan Virus Corona ini,  Lapas serui telah melakukan beberapa langka langkah dalam pencegahan covid 19 yaitu mengurangi jam besuk, menyiapkan tempat cuci tangan, ruangan penyemprotan cairan disinfektan, membatasi aktifitas dalam tahanan dan beberapa langkah lainnya.

Kalapas juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui tim gugus pencegahan pengendalian dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 atau Covid 19 yang telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada area luar dan dalam lingkungan Lapas Kelas II B Seru.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here