ANSOR BENTANGKAN MERAH PUTIH TERPANJANG DIPERBATASAN RI-PNG

0
241

http://https://youtu.be/XGnLFTZvUEo

Paraparatv.id | Jayapura | Gerakan Pemuda (GP) Ansor bentangkan bendera merah putih sepanjang 1.500 meter yang melibatkan 1.000-an pelajar, organisasi pemuda, TNI/POLRI dan warga setempat.

Pembentangan dilakukan dari titik nol di Skouw-Wutung, perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Senin 19 September 2018.

Pembentangan bendera merah putih itu merupakan bagian dari Kirab Satu Negeri dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor dimulai dari pukul 16.30 WIT hingga pukul 18.00 WIT, dengan cara bendera merah putih dibentangkan dari titik nol tapal batas kemudian diangkat diatas kepala oleh 1.000-an pelajar, ormas dan warga serta TNI/POLRI.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa Kirab Satu Negeri yang digelar secara serentak adalah untuk menolak ancaman kedaulatan bangsa dari kelompok-kelompok yang ingin merubah konsensus nasional dan yang menamakan diri atas nama agama tertentu.

“Konsensus nasional itu adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Ini harus kita jaga jangan terpecah karena kelompok-kelompok tertentu, apalagi yang mengatasnamakan kelompok agama yang dianggap menjadi rujukan, padahal ada yang lain,” katanya

Ia menganggap kelompok radikal tidak boleh dibiarkan apalagi membawa nama agama dan berkembang sehingga bisa menjadi dasar konflik karena merasa besar dan benar dengan pemahaman yang beda serta sempit. Padahal, dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, ada pahlawan selain muslim yang ikut serta seperti Gusti Ngurah Rai.

“Sebenarnya yang menerima keberagaman dan kebhinekaan serta mencintai negara ini sangat mayoritas dan mereka lebih banyak diam, sehingga kirab satu negeri ini ingin bangunkan kembali untuk menyuarakan semangat perjuangan dan menolak yang ancam kedaulatan,” katanya.

Pembentangan bendera merah putih merupakan bendera terpanjang dan tercatat sebagai rekor muri Indonesia.(koko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here