Pasar Regional Yotefa Dilahap Sijago Merah

0
111

Laporan : Irfan

Paraparatv.id | Jayapura | Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Jayapura. Puluhan los ayam dan bumbu dapur serta kios kelontongan di Pasar Youtefa Kotaraja, Keluarahan Way Mhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, hangus terbakar. Musibah baru saja terjadi, Selasa 21 Juli 2020 dinihari tadi.

Menurut informasi yang diperoleh di lapangan, api berasal dari los bagian tengah yang kemudian merembet ke semua los dan kios kelontongan tersebut. Saat ini masih dalam penanganan petugas Damkar Kota Jayapura.

Dari pengamatan, asap putih tampak mengepul dari bagian tengah los pasar tersebut. Saat ini berita ditulis, pemadaman kebakaran sedang memadamkan api. Beberapa warga pedagang terlihat menyelamatkan barang-barang dari pasar tersebut.

Sementara itu, menurut keterangan warga di lokasi, Tarzan, kebakaran diperkirakan terjadi pukul 02.00 WIT.

Saat itu, dia bersama temannya mengetahui titik api berada di tengah los pasar tersebut, tepatnya di los ayam. Saksi berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, si jago merah tak kunjung pada malah semakin besar.

“Ya tadi saya lihat api berasal dari los ayam, lalu berusaha saya padamkan tapi tidak bisa, karena kobaran api sudah membesar,” tuturnya.

Api yang terus membesar lalu merembet ke bangunan kios kelontongan lainnya di pasar tersebut hingga kebakaran hebat tak bisa dibendung.
Upaya memadamkan api dengan air seadanya itu pun tak membuahkan hasil, hingga mobil damkar dan polisi datang ke lokasi.

“Saya coba padamkan api dengan air seadanya, tapi gagal. Karena api tidak kunjung padam dan justru membesar,” imbuhnya.

Tim Damkar Kota Jayapura langsung mengerahkan mobil pemadam ke lokasi. Petugas yang sempat kesulitan saat memadamkan api yang terus membesar dan merembet ke bangunan los maupun kios kelontongan lainnya.

Hingga Selasa (21/7/2020) pagi sekitar pukul 04.55 WIT, petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang melahap puluhan bangunan los dan kios Pasar Youtefa Kotaraja.

Hingga Selasa pagi titik nyala api di Pasar Youtefa Kotaraja masih terlihat.
Kepulan asap pekat juga masih membubung tinggi dari daerah Pasar Youtefa Kotaraja, Sejumlah mobil damkar juga masih didatangkan untuk melakukan pemadaman lanjutan.

“Masih dilakukan pembasahan, ini di ruang-ruang yang tertutup bongkahan bangunan kita semprot,” kata salah satu petugas damkar di lokasi.

Pantauan di lapangan, empat mobil damkar dan satu unit mobil Water Cannon dikerahkan di depan los ayam dan kios kelontongan di Pasar Youtefa Kotaraja yang terbakar. **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here