Example floating
Example floating
Peristiwa

Melkianus Lotsen Bleskadit, Tokoh Pejuang Melansia Barat Berpulang

1302
×

Melkianus Lotsen Bleskadit, Tokoh Pejuang Melansia Barat Berpulang

Sebarkan artikel ini
Melkianus Letson Bleskadit (alm) saat bersama Andy Ayamiseba (alm), tokoh politik West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL)//ISTIMEWA
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Melkianus Lotsen Bleskadit (51), salah satu tahanan politik (Tapol) perjuangan Bangsa Melanesia Barat atau Papua Barat tutup usia pada 24 Juni 2024, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari, provinsi Papua Barat.

Tokoh politik perjuangan Proklamasi 14 Desember 1988 ini merupakan tapol di  Pengadilan Negeri (PN) Manokwari tanpa status hukum tetap semenjak tahun 2010.

Almarhum Melkianus memiliki jabatan dalam Negara Republik Melanesia Barat (NRMB) sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) merangkap Wakil Presiden Republik Melanesia Barat.

Hal ini dibenarkan Presiden Republik Melanesia Barat, Drs Septinus Mamborai Paiki dalam sambutan tertulis yang diterima media ini, Rabu (26/06/2024).

Dijelaskannya, almarhum barangkali tidak banyak diketahui oleh rakyat Melanesia Barat atau Papua Barat tentang latar belakangnya (alm Melkianus) dalam perjuangan Pembebasan Melanesia Barat.

“Tapi sejak saya (Septinus Paiki) bertemu untuk pertama kalinya saya langsung panggil almarhum untuk ikut pertemuan yang diselenggarakan oleh Presidium Dewan Papua (PDP) di hotel Sentani Indonesia, Jayapura tahun 2001”

Pertemuan PDP tersebut di hadiri ribuan rakyat Papua dan para penentu kebijakan di tanah Papua (Melanesia Barat) diantaranya Theis Hiluay (alm), Herman Awom, Yoris Raweyai, Thom Beanal (alm).

“Almarhum merupakan orang nomor satu dari Sorong atau Maybrat, yang memahami politik perjuangan kemerdekaan Melanesia Barat. Almarhum Melkianus memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam perjuangan kemerdekaan Papua Barat,”ungkap Septinus Paiki.

Semasa hidup, Melkianus Bleskadit (alm) telah  mendedikasikan diri dalam memperjuangkan kemerdekaan bersama dirinya (Septinus Paiki) sebagai Presiden Republik Melanesia Barat di Qatar, Malaysia, Port Morestby, Australia, dan Vanuatu.

Dari dedikasi yang tinggi itu, almarhum Melkianus Bleskadit ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pertama merangkap Wakil Presiden Negara Republik Melanesia berdasarkan Proklamasi 14 Desember 1988 hasil konstruksi almarhum Dr. Thomas Wapai Wainggai., HG,. MPA.

“Melkianus Bleskadit (alm) adalah seorang pemimpin yang memiliki track of record yang baik, bersikap sebagai negarawan yang visioner, patut diteladani. Ibarat ‘buah yang menarik tergantung dari akar yang bersembunyi di balik lapisan tanah. Akar mampu menjangkau mata air di kedalaman tanah, untuk mencari unsur-unsur yang bisa menghidupkan batang pohon hingga menghasilkan buah”

Hari ini, saya selaku Presiden Republik Melanesia atas nama perjuangan kemerdekaan bangsa Melanesia Barat dan seluruh para pejuang kemerdekaan serta rakyat dan bangsa di negeri, kota, dan di gunung serta lembah menyatakan bahwa kami semua telah kehilangan seorang tokoh politik perjuangan bangsa Melanesia Barat atau Papua Barat. (Arie)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *