Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Tokoh Adat Minta Warga Sambut Pj Bupati Jayapura

138
×

Tokoh Adat Minta Warga Sambut Pj Bupati Jayapura

Sebarkan artikel ini
Mendagri Tito Karnavia saat melantik Pj BUpati Jayapura, Triwarno Purnomo
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Triwarno Purnomo dijadwalkan dalam waktu dekat akan tiba di Kabupaten Jayapura dan melaksanakan tugas pemerintahan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Jayapura.

Kedatangan Triwarno Purnomo ini setelah sah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Pj. Bupati Jayapura pada Selasa, 20 Desember 2022, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

Atas pelantikan dan kedatangan Pj Bupati Jayapura ini, berbagai pihak meminta untuk semua masyarakat menyambut gembira dan mendukung penuh kinerja Pj. Bupati Jayapura di Bumi Khenambay Umbay.
Permintaan dan harapan ini disampaikan salah satunya oleh tokoh adat yakni, Ketua Dewan Adat Suku Sentani (DASS) Origenes Kaway.

“Hari ini kau berteriak terkait penjabat bupati, sebagai Ketua DASS sa mau kasi tau kalau mau berteriak itu dari kemarin sudah berteriak, kenapa hari ini baru mau berteriak. Pelantikan Penjabat Bupati Jayapura dilaksanakan besok (hari ini), dan sudah ditetapkan namanya Triwarno Purnomo yang akan datang memimpin kita di daerah ini,” kata Origenes Kaway kepada wartawan media online ini, di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi, sa berharap kita semua tenang dan terima, menyambut gembira kedatangan beliau. Sebagai masyarakat adat kita tidak bisa terpengaruh oleh anak-anak yang punya kepentingan untuk mempengaruhi kita. Karena adat harus memberikan pencerahan yang baik, adat juga mengeluh dengan pemerintahan yang telah berlangsung kemarin, jadi kalau adat bicara hari ini berbalik arah lagi itu saya pikir adat ini model apa?,” tanya pria yang juga Ondofolo Kampung Bambar ini menambahkan.

Untuk itu, dirinya berharap tidak ada penolakan atas pejabat yang akan melaksanakan tugasnya sebagai Penjabat Bupati Jayapura di Bumi Khenambay Umbay.

“Sebagai orang adat dan juga sebagai ketua Dewan Adat Suku Sentani, saya siap menerima penjabat bupati Jayapura yang akan menggantikan bapak Mathius Awoitauw yang telah berakhir masa jabatannya sebagai Bupati Jayapura dan juga akan melaksanakan tugas pemerintahan di daerah ini,” ucapnya.

Menurut Anggota DPR Papua ini, bahwa pihaknya siap mendukung dan menyambut kedatangan Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo yang dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian.

“Tidak ada kata tidak disitu, kebijakan pemerintah yang siap kami amankan dan kami juga siap berjalan bersama-sama dengan Penjabat Bupati Jayapura yang baru untuk mengubah Kabupaten Jayapura ini menjadi kabupaten yang benar-benar kabupaten punya budaya yang mencerminkan budaya Khenambay Umbay itu kepada setiap masyarakat yang ada di daerah ini,” tutur Legislator PKB Papua ini.

“Jadi, dia (Pj Bupati Jayapura) ini adalah orang Papua dan dia sudah lama bekerja di Provinsi Papua. Maka itu, dia punya hak sebagai anak Papua untuk memimpin kita di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, sekali lagi saya harap agar adat tidak di provokasi lagi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena adat punya aturan yakni, menghargai dan menghormati keputusan-keputusan yang dilakukan oleh pemerintah, karena adat, pemerintah dan gereja itu bersatu,” pungkasnya. (Irf)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *