Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Tabita Opulance Hotel dan Convention Sentani Diresmikan

181
×

Tabita Opulance Hotel dan Convention Sentani Diresmikan

Sebarkan artikel ini
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat menandatangani prasasti peresmian Tabita Opulance Hotel, Sabtu, 10 Desember 2022
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Satu lagi aset pemerintah kabupaten Jayapura, Tabita Opulance Hotel diresmikan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Sabtu, 10 Desember 2022.

Hotel 3 lantai ini terletak di Jalan Raya Sentani-Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. gedung hotel yang awalnya merupakan gedung serba guna (GSG) Wanita Tabita. dibangun dengan anggaran Rp 97 miliar lebih.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., mengatakan, Opulence Tabita Hotel dan Convention Center Sentani ini adalah hotel milik Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura.

“Sekarang kita ada di rumah sendiri, di hotel sendiri ya. Namanya tetap Tabita, jadi nama itu tetap di abadikan. Di dalam hotel ini bukan hanya sekedar nama saja, tetapi isinya dan suasananya juga memaknai nama hotel Tabita ini,” kata Bupati.
Mathius meminta agar di dalam hotel ini harus menyediakan menu makanan dan kuliner khas Papua.

“Dari segi makanannya, harus ada makanan khas Papua dan itu harus yang terbaik. Supaya ini menjadi tempat promosi, kuliner atau kue-kue juga, kalau bisa kue-kue kurangi yang selama ini ada dimana-mana. Tetapi, harus tonjolkan yang khas dan tidak kalah juga dengan kue-kue yang lain. Nah, ini tantangan untuk ibu-ibu kita di Kabupaten Jayapura bagaimana berusaha untuk menampilkan yang terbaik guna hotel ini menjadi tempat promosi termasuk juga kerajinan tangan atau souvenir yang terbaik,” pintanya.

Karena itu, lanjut Mathius, di hotel ini juga entah di lantai 1 atau 2, ibu-ibu akan mendapatkan tempat untuk dijadikan kantor untuk mengelola aktivitas organisasi perempuan di Bumi Khenambay Umbay.

“Selain ada kantor untuk tempat pertemuan organisasi perempuan, juga hasil-hasil karya dari ibu-ibu itu juga mewarnai di tempat ini. Jadi hotel ini unik, tetapi kita mau tonjolkan kearifan-kearifan lokal yang luar biasa yang ada di Papua, khususnya Jayapura untuk kita promosikan,” katanya.

“Dan, dari pihak pengelola juga punya hati yang sama dengan pemerintah daerah. Kita tampilkan beda dari hotel-hotel yang lain. Kita berdoa semoga ini bisa berhasil,” tambahnya.

Ia menjelaskan bangunan hotel ini dahulunya adalah gedung serbaguna Wanita Tabita yang menjadi pusat kegiatan organisasi perempuan di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Ini juga gedung serbaguna Wanita Tabita. Satu hal juga yang membanggakan adalah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jayapura juga akan mendapat tambahan-tambahan dari aset-aset yang bisa memberikan kontribusi penerimaan pendapatan asli daerah kedepan,” terang Bupati Jayapura dua periode ini.

Sementara itu, Kepala DP2KP Kabupaten Jayapura Terry F. Ayomi menyampaikan Opulence Tabita Hotel dan Convention Center Sentani mulai dikerjakan pembangunannya sejak tahun 2019 hingga 2022.

“Jadi, pekerjaan ini mulai kita kerjakan dari 2019 sampai 2022. Itu menelan biaya sebesar 97.380.526.000, itu untuk posisi sekarang. Kita perkirakan kurang lebih sekitar 15 miliar sampai 20 miliar untuk penataan halaman sama isi (interior) dalam hotel. Tetapi, itu nanti dikerjakan oleh pihak ketiga yakni, PT Berkah Kami Semua,” ujar Terry Ayomi kepada wartawan usai acara peresmian tersebut.

Lanjut dirinya menyebutkan, Opulence Tabita Hotel & Convention Center Sentani memiliki 77 kamar, terdiri dari 1 presiden suite, 4 executive dan 72 superiory, dengan ruang pertemuan yang besar dan ruang parkir yang luas.

Dengan adanya hotel milik Pemkab Jayapura, Terry berharap kepada semua pihak dapat menginap di hotel tersebut. Namun, tentunya harus membayar, karena hotel yang dikelola pihak ketiga, yaitu PT Berkah Kami Semua, salah satu aset Pemda Kabupaten Jayapura untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Memang berdasarkan arahan dan petunjuk pak Bupati, semua kegiatan Pemda yang berhubungan dengan perhotelan selama ini akan difokuskan kesini. Untuk saat ini, saya komunikasi dengan mereka itu mungkin lebih duluan jual ballroom nya, ruang-ruang pertemuan itu yang mereka siapkan duluan,” tukas mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura ini.

Acara peresmian Tabita Opulance Hotel itu dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hana S. Hikoyabi, Ketua FKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku, S.Th., Kepala DP2KP Kabupaten Jayapura Terry F. Ayomi, Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Parson Horota dan Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Edi Susanto.

Selain itu, hadir Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, sejumlah Anggota DPRD dan perwakilan organisasi perempuan. (FB)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *