Tarian Mambo Simbo Hadir Dalam PANDATARA SMA Taruna Nusantara

Magelang – Dalam Kegiatan Pameran Seni dan Budaya Nusantara ( PANDATARA ) SMA Taruna Nusantara hari kedua, Anjungan Papua Maluku menampilkan Tarian Mambo Simbo Suku Asmat Papua dan Tarian Roo Adilla dari Papua Barat.

Ketua Tim Anjungan Papua Maluku Fransisco Renwarin Samay Mengungkapkan pihaknya menampilkan dua tarian khas ini memberikan makna bahwa anak anak Papua yang merantau ke daerah lain pastinya akan kembali dan memajukan Tanah Papua.

Tarian Mambo Simbo menceritakan tentang anak yang hilang dan ditemukan kembali oleh orang tua. Tarian Mambo Simbo juga bercerita tentang seorang anak laki-laki yang lari dari desanya. Penduduk desa dan orang tua Mambo menyusuri sungai dan hutan untuk mencari Mambo. Sayangnya, Ibu Mambo meninggal di tengah pencarian tersebut. Penduduk desa menangisi kepergiannya. Setelah itu, penduduk desa kembali melanjutkan pencarian. Akhirnya mereka menemukan Mambo dan mereka merayakan keberhasilan ini.

Anjungan Papua Maluku juga menyajikan aneka kerajinan tangan khas Papua seperti lukisan kulit kayu, aneka patung Asmat, Kopi Papua, Buah Merah, Abon gulung Manokwari dan aneka kuliner khas Papua. Pandatara SMA Taruna Nusantara hadir dari tanggal 3 November hingga 6 November 2022 dan hal ini terbuka untuk umum.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *