Pesona Sunset di Bukit Kampung Ayapo Bakal Bikin Ketagihan

Paraparatv.id | JAYAPURA | Menikmati sunset sore hari dengan fenomena sang surya mulai tenggelam di ujung danau merupakan momen yang dapat menentramkan jiwa.
Apa lagi, setelah seharian bergelut dengan pekerjaan atau aktvitas yang menguras pikiran dan energi.

Di Kampung Ayapo, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura mungkin bisa menjadi pilihan untuk menikmati karya Tuhan yang luar biasa itu.

Di sana, ada lokasi yang sangat strategis yang disiapkan Masyarakat Adat di Kampung Ayapo untuk dapat bersantai menghabiskan sore hari bersama keluarga dan juga sahabat.
Untuk kesana, pengunjung bisa menggunakan jasa perahu bermotor (ojek danau) dari Dermaga Kalkote Kampung Harapan.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke Kampung Ayapo karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Dermaga Kalkote.

“Lokasi yang kami sediakan untuk pengunjung, salah satunya di jembatan depan Obhe, tetapi kalau ingin melihat sunset bisa juga dari atas Bukit Pipa. Kami namakan bukit pipa karena di situ ada pipa. Di atas bukit akan lebih indah,” ujar salah satu pemuda kampung Yakonde, Jhony Ehaa.

Ia menambahkan, beberapa spot wisata lainnya yang akan dikelola adalah wisata hutan jati yang letaknya tidak jauh dari perkampungan.

“Hutan pohon jati di sini sangat sejuk jika siang hari. Rencananya kami akan buat jalannya dan beberapa tempat duduk agar pengunjung bisa bersantai,” tuturnya.

Pemerintah Kampung Adat setempat juga memberikan perhatian khusus terhadap sektor pariwisata. Nyatanya, ada anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan jalan akses menuju ke dua titik spot wisata di atas bukit kampung ayapo.
Kepala Kampung Ayapo, Lewi Puhili menuturkan bahwa pengelolaan spot wisata menjadi hal yang diutamakan dan telah dianggarkan di tahun depan.
“Untuk tahun ini anggaran kita alokasikan untuk kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara, kami pemerintah kampung sangat mendukung karena tentu akan berdampak pada perekonomian masyarakat.” ungkapnya. (*/MC).

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.