Yakenpa Gelar Kegiatan Pelatihan Calon Pelatih PAUD HI Provinsi Papua

Paraparatv.id | Jayapura | UNICEF bermitra dengan Yayasan Noken Papua (YAKENPA), didukung oleh Kemendikbudristek RI melaksanakan kegiatan Pelatihan Calon Pelatih Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Hotel Fox, Kota Jayapura. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 6 hari yakni dari tanggal 8 hingga 13 Agustus 2022.

Kepala Kantor UNICEF di Papua, Aminuddin M. Ramdan mengatakan, tujuan pelatihan tersebut yaitu untuk memberikan pembekalan kepada calon pelatih PAUD HI agar dapat bisa melatih di daerahnya masing-masing.

“Kita memberi pelatihan kepada calon pelatih-pelatih ini supaya nanti mereka di kabupatennya masing-masing bisa melakukan pelatihan-pelatihan sejenis ditingkat kabupaten,” katanya kepada awak media, Senin (8/8/2022).

Ramdan berharap mendamping-mendamping PAUD HI di kabupaten-kabupaten apabila perlu dilatih, rekan-rekan yang sedang mengikuti pelatihan dapat membantu melatih. Ia juga menjelaskan, konsep PAUD HI berbeda dengan PAUD pada umumnya.

“Karena kalau konsep PAUD HI sebenarnya bukan hanya layanan pendidikan ditingkat PAUD saja, tetapi didalamnya ada elemen-elemen. Contohnya misalnya anak diusia PAUD itu, ketika mendaftar di PAUD idealnya sudah memiliki sertifikat akte kelahiran, konsepnya harus dipegang oleh teman-teman yang dilatih hari ini. Aspek kesehatan juga harus diperhatikan seperti misalnya saat mendaftar ada proses skrining contohnya sudah menerima imunisasi lengkap atau belum,” jelas Ramdan.

Ia juga meminta agar koordinasi-koordinasi ditingkat daerah perlu diperkuat agar sistem kerja ditingkat daerah dapat dibangun.

“Misalnya air bersih dan sanitasi sudah ada atau belum, anak-anak sebelum makan apakah sudah mencuci tangan atau belum. Elemen-elemen itu yang ditekankan dalam PAUD HI. Itu yang mau kita dorong,” pintanya.

Ditempat yang sana Pimpinan YAKENPA, Ratih menyampaikan, pelatihan PAUD ini lebih ditekankan tentang masalah kesehatan yaitu imunisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kemudian nanti ada nutrisi sehingga semua menjadi satu payung.

“Jadi kalau nanti bicara PAUD bukan hanya tentang pendidikan tetapi disitu juga kerjasama dengan kesehatan, kemudian ada bunda-bunda PAUD untuk advokatsi,” tukasnya.

Peserta kegiatan pelatihan calon pelatih PAUD HI berjumlah 25 orang yang berasal dari empat kabupaten yaitu Kabupaten Asmat, Nabire, Yahukimo, dan Paniai. Para peserta mewakili instansi terkait, seperti Dinas Pendidikan, Pokja Bunda PAUD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, IGTKI, dan HIMPAUDI (SIL)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.