Presiden Jokowi akan Tanam Pohon Sagu di Kampung Babrongko

Paraparatv.id|Sentani| Kampung Babrongko yang merupakan salah satu dari empat belas (14) Kampung Adat di Kabupaten Jayapura, berinisiatif menyediakan pohon sagu Jokowi yang akan ditanam Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di satu lahan khusus yang disediakan untuk melakukan penanaman perdana pada momen perayaan kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Ke-6.

Yo. Ondofolo Kampung Babrongko, Ramses Wally mengatakan, sagu adalah makanan pokok yang merupakan ibu bagi orang Papua khususnya di kabupaten Jayapura,  dan manfaatnya sangat penting untuk masyarakat adat Papua. 

“Oleh karena itu, kami harap sagu Jokowi yang kami sediakan untuk ditanam oleh Presiden Jokowi ini bisa menjadi ibu bagi kami dalam keberlangsungan hidup dari waktu ke waktu,” ucap Yo. Ondofolo Kampung Babrongko, Ramses Wally di Sentani. Jumat (5/8) pagi.

Katanya, kampung Babrongko memiliki keunikan tersendiri, yakni ada hamparan pohon sagu yang didalamnya ada tiga puluh tujuh jenis pohon sagu, dan juga ada hamparan pohon kelapa yang lahannya tersendiri, dan masih banyak lainnya yang bisa disaksikan oleh masyarakat adat Nusantara yang akan hadir pada kongres AMAN, khususnya Presiden Jokowi.

“Lahan pohon sagu dan pohon kelapa di kampung Babrongko itu tidak bercampuran, melainkan lahanya masing-masing, yang mana pohon ini ditanam oleh leluhur kami sejak lama. Oleh karena itu, kami membuka pintu bagi siapa saja yang mau berkunjung untuk menyaksikan berbagai keunikan yang ada di kampung Babrongko, dan kami sangat berharap sekali keunikan yang ada di kampung kami ini bisa disaksikan juga oleh Presiden Jokowi pada pesta adat nanti bulan Oktober,” paparnya.(ty)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.