Pawai Budaya Awali Pembukaan Kongres AMAN VI yang Dimulai Dari Lapangan Theys

Paraparatv.id |Sentani| Pembukaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) VI, bakal diawali dengan pawai budaya dari masyarakat adat pada 24 Oktober 2022 nanti, dengan mengambil titik start atau dimulai dari Lapangan Alm. Theys H. Eluay, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.


Pawai budaya yang dilaksanakan saat pembukaan Kongres AMAN VI itu merupakan rangkaian acara dari pagelaran kongres yang digelar sejak 24 Oktober 2022 hingga 29 Oktober 2022.


Demikian disampaikan Ketua Panitia Lokal Kongres AMAN VI, Timothius J. Demetouw, ketika dikonfirmasi wartawan media online ini, Rabu, 10 Agustus 2022.


Dalam pawai itu, mantan Kepala Balitbangda Kabupaten Jayapura itu juga menuturkan, seluru peserta Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) V itu bakal menggunakan pakaian adat dan juga menampilkan atraksi kesenian, serta budaya mereka masing-masing.


“Jadi, pagelaran pawai budaya ini bakal dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2022 mendatan. Di mana, para peserta (tamu) Kongres AMAN VI itu akan mengambil titik start dari lapangan Theys ke Stadion Barnabas Youwe,” kata pria yang juga menjabat sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura tersebut.


Pawai budaya yang akan mengawali pembukaan Kongres AMAN VI 2022 itu dimulai dari Lapangan Alm. Theys H. Elua dan menyusuri jalan protokol Kota Sentani hingga berakhir di Stadion Barnabas Youwe, yang merupakan Sekretariat Panitia Kongres AMAN VI 2022.


Sekitar 10 ribu peserta dari masyarakat adat bakal menghadiri Kongres AMAN VI Tahun 2022.


Selain pawai budaya, dalam pelaksanaan Kongres AMAN kali ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yakni, Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) Kabupaten Jayapura yang ke-9 dan juga Festival Danau Sentani (FDS) pada 9 Oktober 2022 mendatang. (Irf)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.