Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANISosial Budaya

Bas Suebu : Hutan Adalah Ibu Bagi Masyarakat Papua

207
×

Bas Suebu : Hutan Adalah Ibu Bagi Masyarakat Papua

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Sentani| Tokoh kharismatik Papua yang juga merupakan mantan Gubernur Provinsi Irian Jaya, Barnabas Suebu berpesan kepada seluruh masyarakat Papua agar dapat menjaga hutan.

Karena menurutnya hutan Papua merupakan hutan terbesar kedua yang ada di dunia setelah Amazon di wilayah Amerika Selatan.

“Hutan Papua ini sangat luas, hutan adalah ibu bagi seluruh masyarakat adat di Papua oleh karena itu, hutan Papua harus di jaga” katanya saat memberikan sambutan di acara penyabutan kepulangannya yang dilaksanakana di Sentani, Sabtu (20/08).

Dia menambahkan, layaknya seorang ibu sejak dahulu hutan Papua sudah menyediakan semua yang dibutuhkan oleh masyarakat adat Papua, baik itu sandang, pangan dan papan.

“Karena itu saya mohon untuk kita semua dapat menjaga hutan Papua sebaik mungkin, karena dari hutan kita bisa mendapatkan air bersih, daging dan sayuran untuk kita makan bahkan untuk berteduh, semua bisa kita dapatkan di hutan” ucapnya.

Dia menturkan, saat dirinya menjabat sebagai Gubernur Irian Jaya, dia telah membuat sebuah peraturan untuk melestarikankan hutan dan lingkungan yang ada di Irian Jaya mulai dari Sorong – Merauke pada saat itu.

“Entah sekarang apakah aturan itu masih ditegakan di Papua dan Papua Barat saat ini atau tidak, saya tidak tau pasti. Tapi saya berharap agar hutan Papua bisa tetap terjaga” tutur pria yang akrab disapa Bas Suebu ini.

Dia melanjutkan, Banjir Bandang Sentani yang terjadi pada tahun 2019 lalu itu terjadi karena kurang adanya perhatian untuk perlindungan hutan.

“Musibah itu terjadi karena kita tidak memperhatikan Cycloop, sejak jaman dahulu Cycoop dianggap oleh masyarakat adat Sentani sebagai ibu. Banjir bandang itu terjadi karena Cycloop marah karena dieksploitasi dan digunduli dan akibatnya banyak yang menjadi korban dalam musibah itu” tambahnya.

Dia kembali menambahkab sekiranya masyarakat Sentani dapat menjaga kelestatarian hutan di Pegunungan Cyloop dan juga kelestarian yang ada di Danau Sentani.

“Dua hal ini tidak bisa dipisahkan oleh masyarakat Sentani, oleh sebab itu harus di jaga agar Cycloop tidak kembali meluapkan amarahnya seperti kejadian beberapa tahun lalu” pungkas Suebu. (Ai)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *