Angka Kemiskinan di Kota Jayapura Masih Tinggi

Paraparatv.id |Jayapura| Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey mengungkapkan bahwa hingga tahun 2022 ini angka kemiskinan di daerah tersebut masih cukup tinggi.

“Kemisikinan di Kota Jayapura masih cukup tinggi, masih ada 32.000 masyarakat kita yang hidup dibawah garis kemiskinan” kata Pekey saat membuka acara Bimbingan Sosial Bagi Keluarga Penyadang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Abepura, Rabu (04/08).

Dia menyebut, ada tiga kelompok kemiskinan di Papua yakni, kemiskinan absolud, sosial budaya dan juga kebijakan Negara.

Kata dia hal ini sangatlah dirasakan oleh mayoritas masyarakat yang ada di Papua khususnya di Kota Jayapura.

“Kemiskinan bukan hanya karena tidak ada uang. Bisa saja ada uang tapi tidak ada perubahan maka itu bisa dikatergorikan dalam kemiskinan” ucapnya.

Selain itu kesenjangan antara masyarakat mampu dan kurang mampu juga menjadi salah satu faktor utama.

“Karena itu, kemiskinan, ketimpangan dan kesenjangan antara kaya dan miskin itu menjadi tantantangan bersama bukan hanya pemerintah tapi masyarakat juga” tuturnya.

Pekey menambahkan, Pemerintah Kota Jayapura sendiri sudah berusaha dan siap untuk melakukan perubahan dengan sejumlah program untuk mengentaskan kemiskinan.

Salah satunya adalah dengan cara memberikan pemberdayaan kepada masyarakat melalui Dinas Sosial

“Karena hak akan kesejateraan masyarakat itu suda diatur dalam Undang-undang. Oleh sebab itu negara harus hadir dan menjamin kesejahteraan masyarakat” ujarnya.

“Kemiskinan tidak hanya secara ekonomi saja tapi juga pendidikan, kesehatan dan akses informasi. Jadi kalau hal-hal itu tidak tecapai maka masyarakat bisa ttap dikategorykan miskin” tutupnya. (AI)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.