Pesawat Susi Air Ditemukan, Seluruh Penumpang Selamat

Pesawat Susi Air PK-BVM rute Timika-Duma jatuh di Kabupaten Mimika, Papua pada Kamis (23/6/2022) sekitar pukul 08.00 WIT, total ada tujuh orang di dalam pesawat tersebut. (dok Basarnas)
banner 468x60

Paraparatv.id|Jayapura|Pesawat Pilatus Porter PC-6 PK BVM milik Maskapai Susi Air yang hilang kontak di kawasan Distrik Duma, Kabupaten Paniai, Papua, Kamis (23/06) pagi diisi tujuh orang penumpang termasuk pilot.

Mereka adalah pilot kapten Dayle Peter, Merina Dimpau, Ficken Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu dan Lukas Dimpau.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan sebelumnya pesawat terbang dari Bandara Moses Kilangin Timika pada pukul 05.34 WIT dengan tujuan Distrik Duma Kabupaten Paniai dan dijadwalkan kembali ke Timika pada pukul 08.00 WIT.

“Namun hingga pukul 08.20 WIT laporan dari terminal UPBU Bandara Mozes Kilangin Timika pesawat belum juga landing, ” ujar Kapolda di Jayapura, Kamis (23/6/2022).

Menurut Irjen Fakhiri, sampai saat ini belum di ketahui kondisi pesawat dan tujuh penumpangnya.

“Sampai saat ini masih di laksankan kordinasi dengan pihak terkait tentang posisi Crash pesawat dan belom diketahui kondisi Pilot dan penumpang pesawat, ” jelas Fakhiri.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Paraparatv.id dari Jayapura, pilot dan seluruh penumpang pesawat tersebut selamat dari insiden yang terjadi itu. 

Badan SAR Nasional (Basarnas) memastikan pesawat Susi Air yang sempat dilaporkan hilang kontak dan mengalami kecelakaan pada Kamis (23/6), sudah ditemukan. Semua penumpang dalam kondis selamat dan sudah dievakuasi.

Kepala Basarnas Marsdya Henri Alfiandi mengatakan seluruh penumpang termasuk kapten pilot pesawat Susi Air sudah berhasil ditemukan. Ia mengatakan saat ini seluruh korban kecelakaan udara dibawa menuju Timika untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Sudah ditemukan dan korban sudah terevakuasi, saat ini sedang menuju Timika untuk mendapatkan pertolongan medis,” ujarnya melalui pesan singkat, Kamis (23/6).

Sebelumnya, pesawat Susi Air mengalami kecelakaan dalam penerbangan dari Timika menuju Duma, Papua, Kamis (23/6). Pesawat tersebut dilaporkan hilang kontak sekitar pukul 08.20 WIT.

Berdasarkan laporan Polres Mimika, pesawat jenis Pilatus Porter PC-6 PK BVM melayani rute Timika-Duma-Timika.

Pesawat yang membawa enam penumpang itu take off dari Timika pukul 05.34 WIT. Seharusnya pesawat kembali mendarat di Timika sekitar pukul 08.00 WIT.

Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan peristiwa kecelakaan tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

“Berita duka: Pesawat Susiair jenis Pilatus Porter PK BVM Dayl Peter Houzet mengalami kecelakaan di Rute Timika-Duma,” tulis Susi Pudjiastuti di laman Twitternya, Kamis (23/6).

Tak berselang lama, Susi mengabarkan seluruh penumpang dan pilot selamat dalam insiden tersebut. Belum diketahui penyebab utama kecelakaan pesawat tersebut.

“Alhamdulillah info berita terakhir semua penumpang selamat, Amin YRA,” ujarnya. (AI)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.