Pengembangan Kapasitas TRC BPBD Kolaborasi Dengan Polda Papua 

banner 468x60
Paraparatv.id |Sentani| Tim Reaksi Cepat (TRC) bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas pelayanan dan kesiapan terhadap Bencana, Rabu (22/6/2022) di Gedung serbaguna GKI Yahim sentani.
Bupati Jayapura, melalui wakil Bupati, Giri Wijayantoro menyampaikan Penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah namun juga seluruh stakeholder karena itu melalui kegiatan itu merupakan langkah yang cukup strategis guna membangun penyamaan persepsi dan koordiansi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Jayapura.
“Penangangan tanggap darurat masih terkesan sangat lamban bahkan sering tidak menyentuh sasaran, hal ini disebabkan karena upaya penanggulangan bencana masih bersifat parsial dan kurang terpadu. Secara problematika ini ditengarai sebagai bias paradigma dan orientasi penanganan yang masih bersifat sektoral, penanganan yang sektoral ini tidak efektif dalam mengurangi risiko dampak dari bencana bahkan justru sering menimbulkan bencana baru seperti konflik serta kecemburuan sosial di tengah masyarakat, karena itu diperlukan upaya kaji cepat, perencanaan, keterpaduan dan kerjasama dengan membangun suatu wadah tim yang mampu bergerak cepat yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan sehingga dapat memberikan kontribusi saat tanggap darurat,” katanya. 
Kolaborasi dengan TRC ini Polda Papua mencoba mensimulasikan suatu sistem aplikasi yang dapat mendukung kegiatan TRC untuk bertindak dan pada kesempatan itu di paparkan Dit Samapta Polda Papua.
“ Hari ini sosialisasi dengan menggunakan aplikasi yang digerakkan oleh Polda Papua dan terima kasih Dari Pemda Kabupaten Jayapura semoga sosialisasi ini jangan cuma di distrik sentani distrik yang lain juga perlu Nanti bisa kita bisa kerjasama dan kita selalu mendukung untuk itu , dan semoga tanggap darurat bencana selalu siaga ya,” ujar Giri.
Wakil Bupati Jayapura juga mengungkapkan dari pengalaman bencana waktu lalu 2019 mudah-mudahan BPBD melalui TRC ke depan makin tanggap lagi dan masyarakat juga Mulai mengerti dan memahami bahwa membangun hunian jangan di bantaran kali minimal jauh dari kali untuk mengurangi resiko bencan terutama untuk diri sendiri. 
“ beberapa waktu lalu juga yang jadi korban itu justru sebenarnya bukan korban awalnya hanya nonton datangnya banjir dan terseret , Untuk itu saya menghimbau ketika ada bencana alam yang kita harus menjauhi tapi jangan menonton bencana itu sendiri, jangan sampai kita terbawa arus seperti yang sudah pernah terjadi di kabupaten Jayapura,” tandasNya
Kegiatan Peningkatan Kapasitas pelayanan dan kesiapan terhadap Bencana diikuti sedikitnya 50 orang berasal dari instansi terkait pemda Kabupaten Jayapura dan personil dari polda Papua. (FB/Ai)
banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.