Paraparatv.id |Jayapura | Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura meresmikan Gerai Pelayanan Terpadu di komplek PTC Entrop Kota Jayapura, Selasa, (28/6)
Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura, Dr. Ir. H. Rustan Saru, sekaligus yang membuka secara resmi gerai pelayanan terpadu PDAM Jayapura mengatakan dengan adanya gerai ini ke depan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“Kita minta PDAM Jayapura agar dapat mensosialisasikan aplikasi kepada masyarakat sehingga semua masyarakat mengerti dan paham, dan dengan mudah dapat mengoperasikan aplikasinya, sehingga masyarakat merasa terbantu merasa terlayani dan bisa puas dalam pelayanan kita. Petugas harus segera merespon cepat agar jangan sampai 7 hari, kalau sampai 7 hari berarti ada catatan yang perlu diperbaiki apa dikarenakan masalah theknis, non theknis atau administrasi yang menghambat” ungkapnya.
Direktur Utama PDAM Jayapura, Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM mengatakan dengan adanya gerai pelayanan terpadu ini adalah merupakan upaya peningkatan pelayanan PDAM Jayapura menuju pelayanan prima.
“Digerai pelayanan terpadu melayani pemasangan sambungan baru, dan tersentral di gerai ini, tidak lagi ke unit pelaksana pelayanan (UPP), kami berharap kepada pelanggan dan calon pelanggan bisa menggunakan gerai ini baik melalui aplikasi PDAM Info untuk mendaftar menjadi calon pelanggan dan juga bisa langsung ke gerai”ucapnya.
“Tujuan kami tersentral disini adalah untuk menghindari jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama dalam masalah biaya,jadi saat ini saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Jayapura bahwa pembayaran rekening non air sambungan baru tersentral disini. Ketika sudah membayar pembayaran sambungan baru disini tidak ada lagi beban-beban yang harus ditanggung oleh pelanggan membayar disini secara resmi akan membuktikan bahwa hanya itulah yang dibayar tidak ada lagi pembayaran yang lain”ujarnya.
“Gerai pelayanan terpadu ini juga menyiapkan loket pembayaran rekening air dan saat ini PDAM Jayapura sudah bermitra dengan perbankan di Jayapura dan PT. Pos Indonesia. Kami menerima layanan pengaduan pelanggan misalnya keberatan biaya rekening air atau ada hal-hal yang diadukan berkaitan dengan kebocoran dan kerusakan, saat ini kami sudah menggunakan IT dalam menggunakan pelayanan, ini akan termonitor tersentral bagaimana proses pengaduan masyarakat dilayani atau tidak”ucapnya
“Selain itu gerai pelayanan terpadu juga melayani penjualan produk-produk nanwani dan robongholo sehingga nanti masyarakat yang berkeinginan mengkonsumsi produk-produk AMDK disini melayani pendaftaran pembelian nanti yang akan menjual dari koperasi PDAM Jayapura”ujarnya.
“Digerai ini juga kami menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan PDAM juga menampilkan perkembangan terhadap web Geographic Information System (GIS) saat ini PDAM Jayapura sedang mengembangkan aplikasi informasi system sebagai sebuah aplikasi untuk mendigitasi seluruh pelanggan dan juga pipa transmisi dan distribusi”jelasnya.
Pihaknya berharap tahun 2022 PDAM Jayapura bisa memperoleh data yang falid yang akuntabel berkaitan dengan titik-titik koordinat dari pelanggan sehingga ini akan mempermudahkan dan juga mempercepat proses sambungan baru.(SIL/AI)