Example floating
Example floating
BERITA

Disnaker Jayapura Buka Pelatihan Bagi Anak Asli Papua

338
×

Disnaker Jayapura Buka Pelatihan Bagi Anak Asli Papua

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Jayapura | Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Papua, Djoni Naa, mengatakan angka pengangguran di Papua sudah mencapai 75 ribu orang  dari angka tersebut  khusus untuk Kota Jayapura sendiri update data terakhir sampai dengan bulan juni 2022 sudah mencapai 10.055 orang.

“Untuk angka pengangguran tahun ini sudah menurun dibandingkan  2 tahun sebelumnya bisa mencapai 15 ribu orang, untuk tahun ini kita buka program pelatihan  yang dikhususkan untuk anak-anak asli Papua, program pelatihan ini kita lakukan dalam rangka mengurangi angka pengangguran, dan juga pelatihan ini menggunakan dana otonomi khusus”ujar Djoni di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (27/6).

“Untuk pelatihan yang sudah berjalan yaitu seperti kursus mengemudi, dan di bulan Juni ada pelatihan barber shop, pelatihan  selesai langsung kita berikan mereka alat cukur, hanya untuk tempat usahan mungkin mereka bisa dirumah dulu pelan-pelan mereka bisa membangun usahannya sendiri dan bisa sewa tempat sendiri”ucapnya.

Ditambahkan Djoni, bulan Agustus pihaknya akan membuka pelatihan salon tata rias kecantikan, di bulan September ada pelatihan satpam yang akan diambil nanti sebanyak 50 orang yang memenuhi persyaratan, dan setelah pelatihan akan ditempatkan di hotel, Bank, perusahaan yang membutuhkan.

“Pada pelatihan satpam ini kita akan mengadakan MOU pada beberapa perusahaan, dan pelatihan satpam ini bekerja sama dengan POLDA, dikarenakan untuk saat ini di Hotel, Bank, perusahaan mereka menerima jasa pengamanan yang mempunyai lisensi”ungkapnya.

Dirinya berharap pelatihan ini  jangan hanya hanya 1 atau 2 bulan saja, kalau bisa 3-6 bulan selesai pelatihan pihaknya menginginkan agar lanjut dimagangkan baik magang lokal, magang dalam negeri ataupun bila perlu ada program magang luar negeri, karena program magang luar negeri pengalaman waktu 15 tahun lalu mereka yang  dikirim ke Jepang semua sukses dan berhasil.(SIL/AI)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *