Dinkes Papua : Masih Banyak ODHA yang Enggan Berobat

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame.

Paraparatv.id |Jayapura| Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame mengungkapkan hingga saat ini pihaknya masih kesulitan untuk mendata Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di daerah tersebut.

Menurutnya hal ini disebabkan karena masih banyak ODHA di Provinsi Papua yang enggan berobat.

Lebih lanjut kata dia, dalam upaya penanggulangan HIV AIDS di Provinsi Papua, pihaknya mempunyai tugas untuk memonitoring, kontroling, menyusun SOP dan memantau pelaksanaan kegiatan di Kabupaten/Kota sampai ke puskesmas menerapkan kebijakan-kebijakan pengendalian HIV sampai di tingkat bawah yakni puskesmas di setiap kabupate/kota.

“Bagaimana teman-teman di Kabupaten/Kota bahkan puskesmas melakukan sosialisasi, kemudian mereka harus memantau penggunaan antiretroviral (ARV) dan ketersediaan ARV, kita juga mengecek tenaga pelaksanaan dilapangan apakah tenaga yang menangani itu betul-betul kompeten atau tidak karena ini sebagian dari tugas kita untuk mengontrol”ucapnya.

“Kemudian evaluasi apa bila tejadi peningkatan, maka kita tetap dukung dan support, apabila pelayanannya tidak begitu bagus kita akan melakukan pembinaan, yang utama adalah bagaimana peran masyarakat, para tokoh agama dan tokoh adat karena persoalan HIV di Papua karena ini persoalan bersama”ujarnya.

“Kasus HIV masih tinggi di Papua, karena masih ada sebagian orang yang terkena HIV tidak mau berobat secara rutin, pengobatan HIV dulu dan sekarang lebih bagus sekarang setiap malam minum satu biji obat ARV kalau dulu orang yang terkena HIV harus minum satu gengam obat” ungkapnya.

“Apabila virusnya masih ada dan mereka adalah pelaku seks bebas, orang itu bisa menularkan kepada orang lain dan lebih parah lagi apa bila seorang wanita yang sedang mengandung dan mengidap HIV resikonya bisa menurunkan kepada bayinya nanti”tandasnya.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di Papua untuk mencegah HIV AIDS dengan pengendalian diri, untuk lak-laki wajib sunat, memakai pakai kondom dan harus setia terhadap pasangannya. (SIL/AI)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.