Example floating
Example floating
Peristiwa

HUT Pattimura 205, Ajang Tepat Menyatukan Anak Maluku di Papua

142
×

HUT Pattimura 205, Ajang Tepat Menyatukan Anak Maluku di Papua

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Sentani| Ribuan masyarakat maluku di Papua rayakan HUT 205 tahun pahlawan Nasional Indonesia asal Maluku Kapitan Pattimura bersamaan dengan Halal Bihalal yang bertempat di Gedung Olah Raga STT GIDI Sentani pada 15 mei 2022 ribuan masyarakat Maluku ini dari Kota Jayapura  , Kabupaten Jayapura dan Keerom.

Pahlawan Kapitan Pattimura dengan nama lengkap Thomas Matulessy merupakan pahlawan Indonesia yang bersama masyarakat maluku 205 tahun yang lalu berjuang melawan penjajahan untuk mempertahankan Maluku dalam Bingkai NKRI .

Untuk mengenang jasa Kapittan Pattimura masyarakat Maluku memperingati dengan beberapa aksi diantaranya Lari Obor , Tarian Tradisional Maluku , Makan Patita  dan Hiburan Oleh Penyanyi Ona Hetharua bersama Willy Sopucua .

Acara HUT Pattimura ini dirayakan selama 2 hari dari tanggal 14 – 15 mei 2022 dimana tanggal 14 mereka merayakan dengan aksi lari Obor dan tarian tradisional sedangkan tanggal 15 mereka merayakan makan Patita dan Hiburan yang dikemas dalam acara Halal Bihalal.

Halal Bihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan setelah hari raya Idul Fitri maka sebagain masyarakat Maluku yang muslim meyarakannya sebagai menjalin hubungan kasih dalam kerukunan  ( Silaturaim ) dan saling maaf memaafkan.

 Ketua Ikemal untuk tanah Papua, L Christian Sohilait, menjelaskan dari semua kegiatan  ini, evoria masyarakat Maluku sangat luar biasa. namun ini bukan sekedar evoria semata, tetapi ada semangat perjuangan  205 tahun lalu Pattimura melakukan perjuangan dengan darah mereka.

“Tetapi hari ini Pattimura-Pattimura mudah memperjuangkan dengan kemampuan fisik, maupun kemampuan intelektual kita itu yang  kita persembahkan untuk tanah Papua,” terang Sohilait.

Apresiasi juga disampaikan oleh Yaap Suebu Tokoh masyarakat Tanah Tabi yang turut hadir pada acara lari dan penyerahan api obor dilapangan apel kantor Bupati Jayapura pada malam 14 mei 2022 bahwa kehadiran masyarakat Maluku di Papua sangat besar perannya dari berbagai hal telah terbukti seperti, pembangunan Rohani , Budaya , Sosial , Ekonomi , Politik dan Masih banyak lagi , Ujar Yaap Suebu Yang Juga menjabat sebagai Ketua Kadin Kabupaten Jayapura (Arie Bagus Poernomo)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *