Juli 2023 Papua Menjadi Tuan Rumah GCF

Foto: Istimewa Sekda Papua Dr M.Ridwan Rumasukun saat menghadiri kegiatan di Brazil
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Pada bulan Juli-Agustus 2023 mendatang Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah Governors Climate and Forest Task Force (GCF). Hal tersebut diputuskan dalam pertemuan GCF di Brazil pada 15-19 Maret 2022.

Pemerintah Provinsi Papua yang diwakili oleh Sekda Papua Dr M.Ridwan Rumasukun menghadiri pertemuan GCF di kota Manaus negara bagian Amazonas Brazil. Kegiatan tersebut merupakan pertemuan tahunan. GCF merupakan forum pertemuan bagi 38 Gubernur / Kepala Negara bagian dari negara negara di Amerika, Afrika, Eropa dan Asia yang membahas dan melaksanakan kejasama terkait hutan dan perubahan iklim.

Provinsi Papua merupakan salah satu pendiri GCF Task Force bersama 9 negara bagian /provinsi yaitu Acre, Amapa, Amazonas, Maranhao, Mato Grosso, Para(Brazil), California, Illinois(Amerika Serikat), Aceh dan Papua ( Indonesia ) pada tahun 2009-2010.

Dalam kegiatan tersebut dibahas juga terkait Human and Community, Ekonomi kehutanan dan hak tenurial,integrasi tehnologi dengan pengetahuan kearifan lokal ,dukungan ekonomi kehutanan dan iklim.

Dalam pertemua tersebut Provinsi Papua membawa produk hasil hutan bukan kayu seperti Noken, Madu, Sagu dan Minyak Kayu. Hal ini merupakan hasil kerjasama masyarakat adat dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua.

Melalui Pesan singkat Sekda Papua berharap agar pertemuan tahun depan pihaknya mampu memberikan bukti menjadi tuan rumah yang ramah sebagai perwujudan Papua adalah Jantung Indonesia dan bagian Jantung Dunia. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *