Lestarikan Olahraga Tradisional, Pemkab Merauke Gelar Lomba Panahan

Bupati Merauke Romanus Mbraka saat membuka Lomba Panahan Tradisional
banner 120x600

Paraparatv.id | Merauke | Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Merauke ke 120, pemerintah daerah setempat menggelar lomba panahan tradisional di Lapangan Kapsul Waktu, Kamis (03/02).

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka ditemui sejumlah awak media disela-sela kegiatan itu berlangsung mengungkapkan olahraga tradisional perlu diangkat kembali.

Karena menurutnya itu adalah bagian yang tidak terlepaskan dari masyarakay adat Papua, khususnya suku Marind yang berdomisili di Kabupaten Merauke.

Selain bertujuan untuk melestarikan budaya, Bupati Merauke mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar seluruh Orang Asli Papua yang ada di Merauke bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan memperigati HUT Kota Merauke ke 120 ini.

“Ini acara diselenggarakan untuk semua masyarakat Merauke tanpa terkecuali, hanya saja untuk olahraga tradisional ini kita memberi ruang khusus untuk anak-anak asli Papua agar bisa berpartisipasi” kata Romanus.

Dia mengungkapkan selain lomba panahan pihaknya juga melaksanakan lomba pacuan kuda, dayung satu kaki dan beberapa olahraga tradisional lainnya.

“Hal seperti ini sudah saya laksanakan dari masa periode pertama saya yang lalu dan saya coba mengangkatnya kembali dengan tujuan agar kita bisa lestarikan budaya kita” pungkasnya. (*Ai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *