Kepedulian Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu

Anggota Satgas Pamtas Yonif 123/RW bersama warga saat meramu tepung sagu
banner 468x60

Paraparatv.id | Merauke | Bertempat di Kampung Rawa Biru Distrik Sota Kabupaten Merauke Papua, Satgas Yonif 123/RW Pos Rawa Biru yang dipimpin Danpos Serka Alfansuri beserta anggota melaksanakan kegiatan membantu masyarakat dalam proses pengolahan sagu yang merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Papua, Selasa (4/1/2022).

Pemilihan batang pohon sagu yang berisi tepung sagu ditandai dengan batang pohon sagu yang sudah tua dan mengeluarkan bunga. Batang tumbuhan sagu terdiri dari lapisan kulit bagian luar yang keras berupa lapisan epidermal dan bagian dalam berupa empulur yang mengandung serat-serat dan pati. Sagu merupakan bahan makanan pokok yang memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Satgas Pamtas Yonif 123/RW Letda Inf Faduhusi Zega mengatakan bantuan kepada masyarakat oleh personel Pos Rawa Biru tersebut sebagai upaya pendampingan dalam memberikan bantuan tenaga dan bimbingan pengolahan sagu yang baik serta sebagai upaya kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Kami Satgas membantu keluarga ibu Martha dan bapak Bonofasius dalam mengolah sagu dari mulai proses pemilihan batang pohon sagu berkualitas yang akan ditebang, proses pemotongan batang sagu, hingga memukul/mencacah batang pohon sagu dengan alat khusus yang masih tradisional dan selanjutnya menyaring batang sagu yang sudah dihaluskan sampai akhirnya menjadi tepung sagu,” terang Pasiter Letda Inf Faduhusi Zega.

Ibu Martha (32) warga Kampung Rawabiru menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu meringankan pekerjaannya dalam pengolahan bahan makanan pokok dari batang sagu ini.

“Terimakasih kepada bapak TNI yang sudah memberikan bantuan kepada kami yang biasanya lebih lama dikerjakan dan sekarang sudah lebih cepat dari sebelumnya,” pungkas ibu Martha. *(Pendam XVII/Cenderawasih)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.