Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAPeristiwa

Optimasi Pelayanan Publik, Legislator Kabupaten Maybrat Studi Banding ke Kota Jayapura

×

Optimasi Pelayanan Publik, Legislator Kabupaten Maybrat Studi Banding ke Kota Jayapura

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Citra birokrasi pemerintahan ibu kota provinsi Papua menjadi salah satu acuan teladan (role model) pelayanan publik bagi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Selaras dengan hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Maybrat beserta 15 anggotanya lakukan studi banding terhadap tiga substansi pokok di Pemerintahan Kota Jayapura.

Tiga substansi pokok studi banding itu menyasar pada organisasi perangkat daerah Kota Jayapura yakni, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pengadaan Barang dan Jasa, serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Ferdinando Solosa mengakui kunjungan studi banding ini merupakan kali kedua setelah kunjungan legislatif periode sebelumnya (2014-2019).

“Dan periode 2019-2024, kami sepakat bahwa kembali lakukan kegiatan studi banding di Kota Jayapura.” Ujar Ketua DPRD Kabupaten Maybrat itu kepada awak media. Selasa, (23/11/2021)

Menurutnya, kunjungan studi banding ke Kota Jayapura karena sejumlah prestasi yang telah di capai oleh Pemkot Jayapura, diantaranya dari aspek pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD), perekaman e-KTP, pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah.

“Kami juga mengakui bahwa Kota Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua, yang mana sebagai orang tua kami sebelum kami pisah dari provinsi Papua Barat.” Tambah Ferdinando.

Pokok substansial studi banding para legislator Kabupaten Maybrat itu guna mengatasi kondisi daerah dari aspek infrastruktur, aspek sumber daya manusia yang belum memadai, serta lemahnya dukungan anggaran dan perangkat lainnya dalam mendukung tata kelola pemerintahan.

Kunjungan studi banding Ketua DPRD dan rombonganya itu disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru di ruang rapat Wali Kota Jayapura.

Momen ini dikatakan Rustan Saru, merupakan hal yang penting, mengingat bahwa rekam jejak pelayanan publik Pemkot Jayapura yang telah berhasil meraih dan mempertahankan sejumlah penghargaan prestise dari pemerintah pusat.

“Apa yang ada di kota (Jayapura) ini bisa ditiru, bisa dicontoh di Kabupaten Maybrat, agar proses pelayanan publik di sana bisa semakin baik, semakin maju dan transparan.” Kata Rustan seraya berharap. (AY/sri)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *