Gubernur Lukas Enembe Lepas Kontingen Peparnas Papua, Siap Rebut Juara Umum

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menyerahkan pataka Provinsi Papua kepada ketua Kontingen Peparnas XVI, Nicolaus Kondomo, Jumat (29/10) (RZR)
banner 120x600

Paraparatv.id  | Sentani | Gubernur Papua Lukas Enembe melepas Kontingen National Paralympic Commitee (NPC) Provinsi Papua yang akan berlaga pada perhelatan multi event Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 yang berlangsung pada tanggal 2-15 November 2021 mendatang.

Pelepasan Kontingen Peparnas Papua ini dipusatkan di Kawasan Olahraga Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua pada Jumat (29/10/2021) siang.

Ketua NPC Papua, H. Jayakusuma, SE, dalam sambutannya mengatakan atlet NPC Papua telah mempersiapkan diri lewat TC Pelatda selama 2 tahun, beberapa cabor bahkan melakukan TC Pelatda di luar Papua.

“Untuk cabang olahraga renang dengan jumlah kekuatan atlet kita 53 orang, sejak tahun 2020 yang lalu telah berlatih dan telah dikirim ke Jakabaring Sport City Palembang untuk berlatih disana,” ungkap Jayakusuma.

Kemudian, lanjut Jayakusuma, “Cabang olahraga angkat berat, kita latih di Balikpapan dengan pelatih-pelatih yang sudah handal disana supaya bisa membawa prestasi untuk atlet angkat berat kita.”

Sementara cabor catur digembleng di Medan, Samarinda dan khusus putri di Bekasi karena ada pelatih khusus untuk putri tunanetra. Sedangkan untuk tenis lapangan kursi roda dibawa berlatih di Kelapa Gading Jakarta.

“Selanjutnya di Solo ada cabor Boccia, cabor Menembak, Panahan dan Judo Tunanetra, dan untuk tenis meja juga baru saja melakukan tryout di Makassar” ujar Jayakusuma dalam sambutannya.

Kemudian untuk atletik berhomebase di Hotel Metta Star Waena dan berlatih di Stadion Mahacendera Uncen.

Jayakusuma menambahkan, ada 12 cabang olahraga yang akan diikuti Provinsi Papua dengan jumlah kekuatan atlet sebanyak 280 orang.

“Kita berusaha untuk bagaimana memperbaiki peringkat kita, yang waktu lalu di Jawa Barat hanya mengikuti 7 cabang olahraga dari 13 cabor yang dipertandingkan, kita berhasil menempatkan diri urutan 5 di Indonesia. Dan saat ini kita tuan rumah dengan jumlah atlet terbanyak, mudah-mudahan saja atas ijin tuhan semua harapan kita (menjadi juara umum) bisa terwujud.” pungkas mantan Kadistrik Heram dan Jayapura selatan, Kota Jayapura ini.

Puncak acara pelepasan Kontingen Peparnas Papua, dilakukan penyerahan aset eks PON XX dari Plt. Kepala Disorda Papua Alexander Kapisa kepada Ketua Harian Peparnas Doren Wakerkwa, penyerahan Mobil Test PCR, dan penyerahan Buku “Master Plan Prestasi NPC Papua” dari Ketua NPC Papua Jayakusuma kepada Gubernur Papua Lukas Enembe.

Usai acara prosesi Pelepasan Kontingen Peparnas Papua, dilanjutkan test event untuk dua cabang olahraga (cabor), yaitu renang dan atletik. (RZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *