Progres Venue Layar dan Selam Perairan Hampir Rampung

0
54
Ketua Sub PB PON Kota Jayapura, Rustan Saru saat tinjau Gudang penyimpanan Peralatan di Venue Layar kawasan Lantamal X Jayapura, Selasa, 15 September 2021.

Paraparatv.id | Jayapura | Wakil Ketua Umum Sub PB PON XX Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan dua venue untuk cabang olahraga layar dan selam masih dibutuhkan pembenahaan kelengkapan prasarana arena.

“Saya meninjau dua venue di kota, yang pertama tadi kita melihat langsung kesiapan arena dan prasarana pendukung di tempat layar, komplek Angkatan Laut, Hamadi, yang ke dua ini kita meninjau arena selam di Dok 2.” Kata Rustan Saru yang juga selaku Wakil Wali Kota Jayapura saat ditemui wartawan, Rabu (15/9) sore.

Orang nomor dua di Kota Jayapura ini menjelaskan tentang pembenahan prasarana arena pada dua venue tersebut yang secara pembangunan fisik nyaris seratus persen tuntas.

“Arena sudah hampir seratus persen selesai, yang perlu adalah pemasangan lintasan dan perlengkapan alat pendukung, yang perlu dilengkapi di sana (venue layar) salah satunya adalah pemasangan arena pertandingan yang akan dilengkapi.” Jelasnya.

Di lain tempat, lokasi cabor selam yang berada tepat di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua, dikatakan Rustan secara konstruksi arena sudah layak digunakan, namun Ia mencatat perlu adanya penanda lintasan dan penunjuk arah.

“Venue selam ini juga dari sisi konstruksi arena sudah selesai. Yang dibutuhkan adalah lintasan untuk rute perenang nanti yang belum selesai dan juga tanda-tanda pembatas ya, penunjuk arah untuk para perenang.” Tambahnya.

Perlengkapan arena pertandingan untuk venue cabor layar seperti alat penentu arah angin serta peralatan perahu dijelaskan Rustan masih dalam tahapan proses menunggu untuk masuk di gudang peralatan, “diperkirakan tanggal 25 September sudah ada semua, sudah lengkap,” harapnya.

Sedangkan, di venue cabor selam dan renang perairan terbuka di Dok 2, Rustan Saru menyebutkan kendala yang dihadapi para atlet dalam latihan mereka yakni perahu-perahu nelayan yang melintas di area venue yang telah ditandai dengan bendera apung.
“Kami dari Sub PB PON Kota Jayapura perlu melakukan sosialisasi dan informasi kepada para nelayan kita lewat RRI, dan media untuk disampaikan kepada komunitas nelayan kita untuk supaya sementara harus waspada memantau situasi, kondisi di Dok 2 agar jangan melintasi bendera yang sudah di pasang oleh panitia untuk tidak masuk ke dalam areal lintasan renang atau selam ini.” Pesan Rustan.

Untuk diketahui, cabang olahraga layar dijadwalkan akan lakukan tes event pada tanggal 25 September. Sementara jadwal pertandingannya akan terselenggara pada tanggal 1 Oktober mendatang.

Dari informasi sementara yang dihimpun, atlet cabor layar yang telah berada di Kota Jayapura berasal dari daerah Kepulauan Riau (Kepri) dan Maluku.

Cabang olahraga selam dan renang perairan terbuka sesuai penjadwalan pertandingan akan berlangsung pada tanggal 11-15 Oktober tahun 2021.

Wakil Ketum Sub PB PON XX Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, M.M dalam agenda kunjungannya ke tiap venue di Kota Jayapura telah dilakukan sejak hari Senin (13/9). (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here