Ini Sejumlah masukan setelah dua menteri Tinjau Kesiapan Venue

0
46
Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendari Tito Carnavian saat melakukan peninjauan Progres Venue di Jayapura. (IST)

Paraparatv.id | Jayapura | Kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Papua, Menkopolhukam RI dan Mendagri RI sambangi sejumlah venue PON XX Papua, di mulai dari Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke. Kunker ini bertujuan memastikan kesiapan Papua sebagai tuan rumah dapat menyelenggarakan PON XX dengan aman dan nyaman.

Kedatangan dua menteri beserta rombongan itu disambut secara langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. di Base Ops Lanud Silas Papare, Kabupaten Jayapura. Jumat (10/9)

Menkopolhukam RI, Mahfud M.D dan Mendagri Jenderal Polisi (Purn), Tito Karnavian beserta rombongan meninggalkan Lanud Silas Papare Kabupaten Jayapura sekira pukul 15.20 WIT dan selanjutnya menuju Venue Cabor Softball, Baseball, Rugby, dan venue Lapangan Tembak Outdoor di Kompleks Lanud Silas Papare Kabupaten Jayapura.

Setelah meninjau venue-venue di Kompleks Lanud Silas Papare, masih di Kabupaten Jayapura, Mahfud M.D dan Tito Karnavian beserta rombongan mengecek kesiapan Venue PON XX Papua yakni Venue Istora, Venue Akuatik dan Venue Stadion Lukas Enembe.

Mahfud M.D dalam konferensi pers mengatakan, sesuai dengan Inpres Nomor 4 tahun 2021 yakni tentang dukungan penyelenggaran PON dan PEPARNAS, “saya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengecek kesiapan venue agar nanti pelaksanaan PON dan PEPARNAS di Papua berjalan aman dan nyaman,” ucap Menkopolhukam RI.

Ditambahkan Mahfud, kunjungan kerja ke Papua yaitu mengetahui secara pasti bahwa Papua jadi tuan rumah yang layak dan aman untuk pagelaran olahraga nasional baik PON maupun PEPARNAS.

“Saya datang kesini dengan didampingi Mendagri, Kementrian PUPR, Kemenpora, KONI Pusat, Mabes Polri dan Mabes TNI. Tadi saya sudah mengecek Venue-venue PON XX Papua dan keyakinan saya bahwa PON XX Papua dan PEPARNAS XVI Papua akan berjalan dengan baik.” Katanya.

Meski masih ada pekerjaan yang perlu diselesaikan di beberap venue, Mahfud berpesan agar sebelum PON dimulai pekerjaan venue sudah harus tuntas.
Berikut kutipan press rilis Mahfud M.D sebagaimana dilansir dari Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua;

“Saya tadi cek ada kekurangan di beberapa Venue namun saya yakin nanti saat hari H sudah terselesaikan. Saya harap pembukaan PON XX Papua oleh Bapak Presiden nanti akan berjalan aman lancar dan meriah dengan tentunya tetap menjaga Prokes Covid-19.”

“PON XX Papua dan Peparnas XVI diselenggarakan di Papua karena Bapak Presiden mau Papua bisa maju seperti Daerah-daerah lain makanya semboyan PON XX Papua adalah Torang Bisa. PON XX Papua dan PEPARNAS XVI jika sukses nanti akan menjadikan bukti bahwa negara juga hadir untuk Papua seperti di wilayah-wilayah lain.”

“Tantangan yang utama adalah bagaimana kita bisa menjalankan dan mensukseskan PON XX Papua ini ditengah pandemi Covid-19,  PON XX Papua nanti akan dihadiri 10.000 atlet dan ofiicial dari seluruh Indonesia.”

“Diharapkan PON XX Papua bisa memperkuat persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa dan bisa membanggakan saudara-saudara di Papua bahwa Torang Bisa.”

“Saya sudah berdialog dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tokoh maayarakat bahwa mereka semua sampaikan sangat bangga dengan pelaksanaan PON XX Papua ini dan mereka siap untuk mensukseskan pergelaran PON XX di Tanah Papua.”

Hadir dalam kegiatan kunjungan kerja Menkopolhukam RI dan Mendagri RI yaitu diantaranya Dirjen Cipta Karya Ibu Diana, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Aditya Nindra Pasha, SE, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., Dir Pam Obvit Baharkam /Ka Ops Pam PON Kombes Pol Reeza Herasbudi, Danmen 1 Paspor Koor Brimob/Pamen Asistensi Pam PON Kombes Pol Jermias Rontini, S.I.K. (**/Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here