4034 Warga Penuhi Gebyar PON XX Cluster Kota Jayapura

0
47
Benhur Tomi Mano

Paraparatv.id | Jayapura | Gebyar PON XX Papua terselenggara untuk kedua kalinya di Kota Jayapura. Acara yang bertujuan sebagai ajang sosialisasi dan edukasi ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIT pagi hingga 22.00 WIT malam di lapangan karang Entrop, Jayapura Selatan. Sabtu, 4 September 2021.

Antusias warga Kota Jayapura menyambut PON XX pada bulan Oktober mendatang cukup tinggi. Hal itu terbukti dengan jumlah warga yang hadir menyaksikan langsung rangkaian acara yang terkemas dalam Gebyar PON XX Papua.

Informasi yang dihimpun Paraparatv.id, sebanyak empat ribu lebih warga Kota Jayapura ikut memeriahkan acara Gebyar tersebut. Dari pantauan di lapangan, warga yang hendak masuk ke area booth dan panggung adalah warga yang telah ikut program vaksinasi Covid19. Sementara warga yang belum tervaksin, wajib ikuti swab tes antigen di pos medis yang disiapkan panitia.

Meski menimbulkan kerumunan, warga yang berdatangan patuh menerapkan protokol kesehatan serta panitia pelaksana Gebyar bersama Satgas Covid19 Kota Jayapura memberikan layanan sanitasi yang baik.

Gebyar PON XX versi kali ini lebih menyita perhatian publik, pasalnya, rangkaian acara yang dikemas oleh panpel tidak tanggung-tanggung, yakni menghadirkan penampilan grup band lokal ternama, beberapa solois ternama asli Papua, sejumlah sanggar tari budaya, grup rap, serta penampilan artis tamu yakni Mitha Talahatu.

Selain itu pelaku usaha mikro yang menempati booth-booth yang disiapkan panitia untuk mempromosikan usaha mereka, dan seniman di Kota Jayapura.

Jajaran Forkopimda tingkat provinsi dan kota turut hadir menyaksikan secara langsung Gebyar PON XX hingga selesai.

Wali Kota Jayapura yang juga selaku Ketua umum Sub PB PON XX Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat ditemui awak media usai acara Gebyar mengatakan antusias warga kota menyukseskan PON XX Papua sangat tinggi, hal itu sejalan dengan program vaksinasi yang diikuti serta warga bersedia lakukan swab tes antigen Covid19 bagi mereka yang belum tervaksin.

“Warga yang hadir malam ini adalah empat ribu tiga puluh empat orang dan itu semuanya telah divaksin. Dan warga yang belum divaksin itu kita melakukan swab antigen. Dari pagi sampai malam ini adalah tiga ratus enam puluh empat orang itu hasilnya swab antigen adalah negatif.” Ujar Benhur Tomi Mano, Sabtu malam (4/9).

Pemerintah Kota Jayapura dengan melibatkan Polresta Jayapura Kota, Kodim 1701 Jayapura akan terus gencar lakukan vaksinasi agar tercipta kondisi herd imunity untuk seluruh warga Kota Jayapura.

“Target kami bulan September vaksinasi Covid19 sudah mencapai tujuh puluh sampai delapan puluh persen di Kota Jayapura.” Kata Benhur Mano.

Benhur Tomi Mano pun mengakui jelang PON XX Papua, dirinya mendukung untuk tidak menggunakan atribut burung Cenderawasih untuk upacara seremonial selama perhelatan PON XX sebagaimana aksi penolakan oleh para aktivis peduli satwa atau kelompok organisasi non-pemerintah.

“Semua orang Papua tidak menginginkan burung Cenderawasih Papua itu dipakai sebagai lambang kebesaran, dan saya mendukung itu. Marilah kita memodifikasi burung Cenderawasih itu untuk dalam logo-logo, souvenir-souvenir. Saya mendukung tidak memakai maskot burung Cenderawasih dalam PON nanti.” Tukasnya. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here