LSM Gempur berharap Bupati Kab. Keerom prioritaskan pembangunan dapil I yang terbengkalai.

0
155
Panji Agung Mangkunegoro, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Pemantau Kinerja Aparatur Negara (GEMPUR) Papua

Paraparatv.id | Keerom | Panji Agung Mangkunegoro selaku Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Pemantau Kinerja Aparatur Negara (GEMPUR) Papua mengucapkan selamat dan sukses kepada Piter Gusbager selaku Bupati Kabupaten Keerom periode 2020-2024.

Panji juga menyampaikan beberapa pesan dan masukkan untuk Bupati terpilih sebagai fungsi kontrol dan pembangunan di Kabupaten Keerom.

“Dari hasil investigasi LSM Gempur Papua selama ini, terutama yang berada di DAPIL 1, kami berharap kepada pak Bupati Keerom untuk memprioritaskan pembangunan kembali di Daerah DAPIL 1 yang mana selama 5 tahun ini, banyak pembangunan yang terbengkalai,” ujarnya ketika ditemui wartawan, Jumat, 26 Maret 2021.

Panji juga menjelaskan terkait Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sempat dilakukan survey, merupakan pembangunan dari Kementrian ESDM Pusat yang dibangun sekitar tahun 2016/2018.

“Selama ini pembangunan PLTS tersebut rusak, hasil survei kami dari operator dan masyarakat di lokasi, mereka sampai hari ini belum mendapatkan pelayanan listrik,” kata Panji.

Pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Keerom untuk dapat meninjau ke lokasi terkait pembangunan PLTS yang di bangun oleh Kementrian ESDM Pusat, dimana aset tersebut sudah dihibahkan kepada pemerintah Provinsi Papua.

“Harapan kedepan, Pemerintah Provinsi atau Kabupaten Keerom segera mengaktifkan kembali agar PLTS bisa beroperasi secara normal,” ujar Panji.

Panji mengakui sudah berkomunikasi dengan PLTS Nasional dibagian teknis selaku pihak Ketiga sebagai bagian dari perawatan untuk dapat memperbaiki PLTS di Kabupaten Keerom yang mengalami kerusakan.

“Mereka ada datang untuk melakukan perawatan, tetapi dengan catatan, jelasnya butuh perhatian khusus, entah anggarannya dari mana. Kami dari LSM GEMPUR berharap karena masalah listrik sangat penting untuk masyarakat Kalimo dan Waris,” tegas Panji.

Ia juga menambahkan bahwa masalah listrik ini sangat penting untuk pendidikan dan sesuai survei ia menjelaskan ada 20 rumah dan sekolah yang terdampak.

“Selama masa pandemi, para pelajar pastinya sangat terganggu dengan permasalahan ini karena mereka tidak bisa memgikuti proses pembelajaran secara darring,” ujar Panji.

Selain itu, ia juga menjelaskan terkait Puskesmas Avirmasi Jokowi yang selama ini bermasalah sejak tahun 2017.

“Berdasarkan hasil survei kami, 2017 hampir semua bermasalah dari standar operasional, fasilitas yang sampai hari ini terbengkalai,” jelas Panji.

Program Afirmasi Jokowi di DAK tahun 2017 menjadi prioritas utama awal pembangunan Afirmasi 123 se Indonesia, LSM GEMPUR berharap adanya prioritas untuk bisa mengembalikan fungsi utama puskesmas afirmasi tersebut, sesuai dengan program Nawacita Jokowi yang telah di kampanyekan.

“Kami LSM GEMPUR Papua dan Keerom selama ini turun survei dan bersuara untuk kemajuan rakyat Keerom, untuk kepentingan rakyat Keerom dan selama ini kami dekat dengan masyarakat, Terima Kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah kooperatif dan bekerja sama untuk memberkkan data dan informasi permasalahan-permasalahan, tujuannya adalah untuk kemajuan Keerom kita bersama,” pungkasnya. (Krist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here